
Hal ini tertuang dalam daftar berkala "Best Global Brands 2013" yang dikeluarkan oleh Interbrand, firma konsultasi merek yang berbasis di New York.
Apple berhasil menduduki posisi pertama
Di tingkat kedua, ada perusahaan teknologi lainnya, sekaligus salah satu pesaing Apple, yaitu Google. Perusahaan ini ditaksir bernilai 93,29 miliar dollar AS. Google juga mendapatkan gelar "Top Riser" dengan berhasil mendapatkan peningkatan nilai sebesar 34 persen dari tahun sebelumnya.
Sementara Coca-Cola harus rela turun dua posisi, ke peringkat ketiga. Nilai perusahaannya adalah sebesar 79,22 miliar dollar AS, meningkat 2 persen dari tahun sebelumnya.
"Beberapa merek telah memungkinkan begitu banyak orang untuk melakukan berbagai hal dengan mudah. Oleh karena itulah, mengapa Apple telah memiliki legiun penggemar yang memujanya, sebagaimana dibuktikan oleh pecahnya rekor penjualan dari iPhone 5C/5S," kata Interbrand, seperti dikutip dari Apple Insider, Selasa (1/10/2013).
Merek-merek dari dunia teknologi sendiri terlihat mendominasi 10 besar daftar merek termahal di dunia. Di posisi 4, 5, 7, 8, dan 9 diisi oleh IBM, Microsoft, McDonald's, Samsung, dan Intel. Nilai perusahaan-perusahaan ini ditaksir dari 37,25 miliar dollar AS hingga 78,80 miliar dollar AS.
Berikut adalah 10 teratas merek termahal di dunia dari 100 merek berdasarkan Interbrand:
1. Apple — 98,31 miliar dollar AS (Rp 1.100 triliun)
2. Google — 93,29 miliar dollar AS (Rp 1.072,8 triliun)
3. Coca-Cola — 79,21 miliar dollar AS (Rp 910 triliun)
4. IBM — 78,8 miliar dollar AS (Rp 906 triliun)
5. Microsoft — 59,54 miliar dollar AS (Rp 684,7 triliun)
6. GE — 46,94 miliar dollar AS (Rp 539,8 triliun)
7. McDonald's — 41,99 miliar dollar AS (Rp 482,8 triliun)
8. Samsung — 36,61 miliar dollar AS (Rp 421 triliun)
9. Intel — 37,25 miliar dollar AS (Rp 428,3 triliun)
10. Toyota — 35,34 miliar dollar AS (Rp 406 triliun)
0 komentar:
Posting Komentar